Selasa, 05 November 2013

PPL-T di SMA N 2 Kabanjahe 2013

Diposting oleh Pebri Haloho di 00.05

OK, sekarang kakak ebonk udah mood lagi untuk nulis, dan kakak akan berbagi pengalaman kakak selama lebih kurang sebulan ini menjalani PPL-T :)

Sebelumnya, udah pada tahu kan apa yang kakak maksud dengan PPL-T?
Yup, bener banget!!!!! #malesngejelasinnya #eh? :)

Jadi, PPL-T itu adalah Program Pelatihan Lapangan Terpadu, eh, atau program apaaaa... gitu. Ya, intinya praktek mengajarlah di sekolah selama kurang lebih 3 bulan. Program ini diselenggarakan dari kampus kakak.

Nah, kakak ditempatin PPL-Tnya di SMA N 2 Kabanjahe, ya karna deket sama tempat tinggal kakak, jadinya kakak ngga usah repot-repot ngurus pindah -gak kayak temen kakak- yang katanya harus bayar lagi. *oops
Hari pertama kakak nginjekin kaki di sekolah itu, kakak langsung mengabadikan moment yang kurang penting sih sebenernya.

Jadi kakak fotoin pamflet SMAnya. :)



Abis itu, karena team PPL-T kakak datengnya kecepetan, jadinya ngga tahu mau ngapain di sekolah. Temen-temen kakak pada ngumpul di piket, nunggu dipersilahkan masuk kali ya sama Kepseknya :p
Akhirnya, kami diarahkan ke ruang TU a.k.a Tata Usaha.


 


Next, kita ngadain UB -Upacara Bersama- eh, Upacara Bendera. Ternyata kakak baru tahu juga kalo di sekolah itu ada mahasiswa PPL dari kampus lain juga loh. Yupp!!! Mahasiswa UQ - Universitas Quality, mereka pake almamater warna hitam.


Selesai UB, kami disuruh masuk sebuah ruangan yang lumayan gelap, dingin, dan tanpa penghuni sepertinya, dan mereka sebut itu PERPUSTAKAAN. Well, not too bad lah setelah gordennya dibuka, jadi lumayan terang. DPL kami, juga ikutan masuk. DPL itu Dosen Pembina (ato Pembimbing ya? ah.. whatever la..) Lapangan. Kami diantarkan lah ke sekolah itu istilahnya, lagsung dijatuhkan ke tangan pemegang kekuasaan tertinggi di sekolah itu.

Selesai penyerahan oleh DPL, kami diarahkan ke sebuah ruangan yang *entahlah..* dan kami disuruh membersihkan ruangan itu untuk dijadikan kantor kami :) SOUNDS GOOD!! Inilah bentuk awal ruangan kami :)


Setelah saling bercengkrama di ruangan, kamipun mengadakan rapat.. rapat.. rapat.. dan rapat lagi :)
Sebenernya karna belom saling kenal masik saling segan-seganan  (segan tapi tetep lantam). Haha :D

Rapat, kenalan, dan banyak hal lain yang kami lakukan. Habis itu, kami jalan-jalan di sekitar sekolah. Banyak hal yang baru yang bikin kami jadi "WOW!".

Jadi ternyata, siswa yang TELAT ke seskolah, itu dihukum NYAPU GERBANG SEKOLAH!!! Hahaha :D (Aduh.. jadi niat telat.. ^^)
Emang dasar sekolahnya ini sukaaaaa banget sama yang namanya kebersihan -kayaknya- soalnya di setiap kelas TONG SAMPAHnya aja kayak gitu. Sampah aja mesti diklasifikasikan :D Bagus!!

Observasi

Abis jalan-jalan di seputaran sekolah, ya otomatis ikut sama PAMONG la yakan.. (masa iya nongkrong di kantin, baru hari pertama :D) Haha :D


Kegiatan selanjutnya adalah ng-eko-rin Pamong (Guru pembimbing selama PPL) ke dalam kelas. Untuk perkenalan, adaptasi, dan observasi.


Di belakang-belakang ngeliatin pamong ngajar... SUNTUK! HAHAHA :D


Buku paket si Pamong mendarat di tangan :)

Jadinya tumpukan buku biologi itu segini di kamar :D


Pulang sekolahnya kami ikutan Rubrik :) Ini Rubrik pertama bareng siswa dan PPL dari UQ :)

Selanjutnyaaaa...
Kami gotong-royong di sekolah :D JREEENGGG!!!
Bawa bunga sendiri dari rumah.. dan nanam sendiri di sekolah. :)

Itu Sonya dan Muna :D Tanam.. Tanam.. Tanam.. :D HAK!!! :D
Ini manusia-manusia yang cuma ngenggurin temen yang lagi kerja, dan minta di fotoin -___-"

HARI BERIKUTNYA..

Ada surat undangan di sekolah. Itu undangan ada nama kakak dan nama buk Desi. Kita ngedampingi siswa untuk ngikutin Closing Ceremony Summer Camp dari UQ :)

Tadaaa, itu gedung UQ loh.. Walaupun jalannya jaauuuuuhhh banget dari sekolah, tapi pas liat universitasnya, lumayan nyuci mata laa.. :D

Acaranya kira2 begitu la.. Banyak bule berkeliaran *cuci mata lagiii :D*
Ini Bule dari Ukraine. Namanya ILia. Jadi, mereka mau-mau aja diajakin foto. Yauda, langsung aja kita jepret-jepret. :)

Besoknya lagi..
Seperti biasa, kegiatan di sekolah masi tahap observasi. Dan karena kegiatan lain ngga menarik sama sekali, daripada CIKURAK (ngegosip), mending foto-foto bareng temen :)
Yakan.. Ya doong... Ya lah!
Ini foto kakak dan ibuk Dewi (Bahasa Indonesia). Hahahaha :D

MASA TERBIMBING

Masa terbimbing itu artinya kita udah mulai ngajar, tapi gantian, pamong yang ngeobservasiin kita. :)
Dan habis observasi, dan ngejelasin materi -yang sebenernya kakak juga ngga ngerti cara neranginnya- langsung batuk-batuk.
Karena APA?
Karena ini. :)

Jadi mulai hari ini, udah mulai deh "makan kapur" :) Sebenernya ada white boardnya sih di setiap kelas, yang jadi masalahnya SPIDOLNYAAAAA ..... PERMANENT semuuaaa :D HAhahahaha :D


Ngajar di kelas X IPA 1. Jadi ceritanya sama-sama anak baru la kami di sekolah ini yakan.. :D Mereka sebenarnya asik, trus pinter lagi, cuma masi kebawa-bawa ributnya, dan yang paling KONYOLnya, karena mereka ribut aku kasi post test. Haha :D
Dan hasilnya udah pasti RENDAH semua. Tapi ada yang bikin geli, lembar ujian yang bikin kekeh pas diperiksa adalah..
 

Hahaha :D Niat banget ngelengkapi datanya pas post test. Jadi nulis nama UNIMED aja jadi UNIMET! WTH!!!! :D



Lanjut kita nongkrong di BP
Dan Pak Fidelis ketemu sama Soulmatenya di sana :)




To be Continued ...


by

0 komentar:

Posting Komentar

Say something please...

 

BLOG MISS PEBRI Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea