Jumat, 04 Juni 2021

BAHAN AJAR PERTEMUAN 2 - PEBRI BR HALOHO

Diposting oleh Pebri Haloho di 14.51

 LINK GD BAHAN AJAR

 

 

BAHAN AJAR

 


 

 

MATERI POKOK               :  EKSRESI

SUB MATERI POKOK       :  PARU-PARU

 

ILMU PENGETAHUAN ALAM

KELAS VIII

SMP ST. IGNASIUS MEDAN

 

Disusun oleh :

Pebri Br Haloho, S.Pd. / NIM. 203129764467


PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DALAM JABATAN

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

2021

KOMPETENSI DASAR

 

3.10. Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi

 

 

4.10. Membuat karya tentang sistem ekskresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri.

 

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

3.10.1.1.Setelah melakukan studi literasi, peserta didik mampu mengidentifikasi struktur paru-paru dengan benar

3.10.2.1.Setelah melakukan studi literasi, peserta didik mampu menganalisis proses terbentuknya zat ekskresi dari paru-paru dengan benar

3.10.3.1.Setelah melakukan studi literasi, peserta didik mampu menganalisis keterkaitan antara struktur dan fungsi pada organ paru-paru

3.10.4.1.Menghubungkan peristiwa yang terjadi di lingkungan terkait dengan kelainan dan penyakit paru-paru

4.10.3.1. Setelah melakukan studi literas, dan diskusi peserta didik mampu membuat sketsa gambar struktur organ paru-paru

PETA MATERI




 


 PENDAHULUAN _________________________________________

Pernahkah mau menghembuskan nafas ke cermin atau kaca? Setelah beberapa saat apa yang akan muncul pada cermin tersebut? Bagaimana tubuh kita bisa memproduksi zat tersebut? Ayo kita pelajari!

 

Cakupan Materi :

Cakupan materi dalam modul ini adalah

*        Sistem ekskresi oleh paru-paru

*        Bagian dan fungsi paru-paru

 

Manfaat Modul :

*        Uraian materi yang mendeskripsikan pokok-pokok materi.

*        Contoh soal yang bermanfaat untuk memperdalam pemahaman kamu mengenai paru-paru

*        Latihan soal yang bermanfaat untuk melatih pemahaman kamu terkait materi paru-paru

*        Rangkuman yang disajikan agar kamu mampu memahami garis besar materi
yang dipelajari
.

 

 

Petunjuk Belajar :

*        Pelajarilah isi modul dengan sungguh-sungguh.

*        Baca dengan seksama tujuan pembelajaran yang harus dikuasai.

*        Tandailah bagian-bagian materi yang penting.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 URAIAN MATERI ________________________________________________

Paru-paru merupakan adanya sebuah organ utama sistem pernapasan terhadap manusia (nafas) dan terhubung ke sistem ekskresi dan sistem peredaran darah (sistem peredaran darah).

Fungsinya sebagai menukar adanya suatu oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah atau sering disebut sebagai napas. Secara umum, paru-paru ditemukan pada mamalia, termasuk dalam manusia.

Paru-paru merupakan suatu organ saluran pernapasan dan terhubung ke sistem pernapasan vertebrata. Fungsinya sebagai menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Proses ini disebut sebagai bernapas atau pernapasan eksternal. Paru-paru mempunyai sebuah fungsi non-pernapasan. Istilah medis yang terkait terhadap paru-paru sering berasal dari paru-paru, dari kata Latin ke paru-paru.

Paru-paru kanan bentuknya lebih besar dari kiri karena kiri dekat begian jantung. Organ-organ terletak di saluran udara (pernapasan) dan telah terhubung ke sistem saluran udara yang melewati udara. Dua paru-paru di kiri dan kanan berada di rongga dada dan ukurannya tidak sama.

 

            Sistem ekskresi pada manusia melibatkan alat-alat ekskresi yaitu ginjal, kulit, paru-paru, dan hati. Paru-paru adalah organ yang bertindak sebagai alat pernapasan. Selain itu paru-paru juga bertindak sebagai alat ekskresi dengan mengeluarkan karbondioksida dan uap air. Kedua zat ini harus dikeluarkan supaya tidak mengganggu fungsi tubuh. Paru-paru terletak di dalam rongga dada dan bagian bawahnya menempel pada diafragma.

            Paru-paru termasuk organ pengeluaran karena udara pernapasan yang dikeluarkan mengandung karbondioksida dan air yang dihasilkan dari kegiatan sel. Keluarnya air bisa dilihat ketika kamu bernapas dalam udara dingin berupa kabut. Setiap hari tubuh melepaskan kurang lebih 350 ml air dalam bentuk uap air melalui sistem pernapasan.

            Gangguan pada Paru-paru

a.       Asma Asma dikenal dengan bengek yang disebabkan oleh bronkospasme. Asma merupakan penyempitan saluran pernapasan utama pada paruparu. Gejala penyakit ini ditandai dengan susah untuk bernapas atau sesak napas. Penyakit ini tidak menular dan bersifat menurun. Kondisi lingkungan yang udaranya tidak sehat atau telah tercemar akan memicu serangan asma.

b.      Tuberculosis (TBC) TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini menyerang paru-paru sehingga pada bagian dalam alveolus terdapat bintil-bintil. TBC dapat menyebabkan kematian. Sebagian besar orang yang terinfeksi oleh bakteri tuberculosis menderita TBC tanpa mengalami gejala, hal ini disebutlatent tuberculosis. Apabila penderita latent tuberculosis tidak menerima pengobatan maka akan berkembang menjadi active tuberculosis. Active tuberculosis adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh tidak mampu untuk melawan bakteri tuberculosis yang terdapat dalam tubuh, sehingga menimbulkan infeksi terutama pada bagian paru-paru.

 

CONTOH SOAL__________________________________________________

 

Alveolus merupakan cabang bronkiolus yang berbentuk gelembung udara sebagai tempat pertukaran ….

 

a.       O2 dan H2O

b.      CO2 dan N2

c.       N2 dan H2O

d.      O2 dan CO2

Jawaban: D

Bagian pada paru-paru yang berbentuk gelembung udara merupakan alveolus. Alveolus merupakan tempat terjadinya proses pertukaran oksigen dan karbondioksida.

LATIHAN ________________________________________________________

Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut!

 

1.       Tuliskanlah bagian-bagian paru-paru dan fungsinya dalam tubuh!

........................................................................................................................................................................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

 

2.       Mengapa ukuran paru-paru kiri dan kana kita tidak sama besar?

 

........................................................................................................................................................................................................................................................................................................

3.       Bagaimana proses pertukaran oksigen dan karbondioksida yang terjadi pada paru-paru?

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................

........................................................................................................................................................................................................................................................................................................

........................................................................................................................................................................................................................................................................................................

........................................................................................................................................................................................................................................................................................................

........................................................................................................................................................................................................................................................................................................ ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................

 

4.       Tuliskanlah peristiwa yang dapat menyebabkan penyakit  yang berkaitan dengan paru-paru dalam kehidupan sehari-hari !

........................................................................................................................................................................................................................................................................................................

........................................................................................................................................................................................................................................................................................................

........................................................................................................................................................................................................................................................................................................

........................................................................................................................................................................................................................................................................................................

 

 

 

 

 

 

 

 

 RANGKUMAN  _______________________________________________

1.           

1.         Paru-paru merupakan organ ekskresi yang mengeluarkan air dan karbondioksida sisa oksidasi biologi dalam tubuh.

2.         Paru-paru dapat bekerja maksimal dalam mengeluarkan uap air dan karbondioksida, maka volume paru-paru harus besar.

3.         Volume paru-paru dapat diperbesar dengan berolahraga, menghindari merokok, asap rokok, asap pabrik, asap kendaraan bermotor.

4.         Kesehatan paru-paru harus dijaga dengan makan makanan bergizi, cukup istirahat.

 

 

 

  DAFTAR PUSTAKA _____________________________________________

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTsKelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTsKelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Tim Abdi Guru. 2007. IPA Terpadu untuk SMP Kelas VIII. Jakarta  : Erlangga.

 

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar

Say something please...

 

BLOG MISS PEBRI Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea